CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

08 Juli 2014

[ARTIKEL] [OPINI SEORANG EXOFANS] "EXO11 & Wu Yi Fan (Kris)"

NOTE: Ini adalah curahan hati seorang EXOFANS yang diambil dari blog Achafishy@/wordpress./com. Artikel ini bukan bermaksud untuk ngebash EXO maupun Kris. Tolong untuk tidak berkomentar yang tidak baik, cobalah untuk berpikir positif. Maaf jika ada typo maupun bahasa yang menyinggung.

EXO11 & Wu Yi Fan (Kris)
Well, kali ini gue mau share apa yang gue rasain akhir-akhir ini tentang yeah… semua exostan pasti tau tentang masalah ini. It’s about Kris’ lawsuit against SM, sebenernya ini juga termasuk salah satu alasan gue jarang update FF akhir-akhir ini (selain karena disibukkan dengan pekerjaan), tapi serius deh, kalo sebelumnya gue ga bisa tidur nyenyak sebelum mainin laptop walaupun cuma satu jam sekarang gue malah bisa dibilang nyentuh laptop aja males, kayak ga ada hasrat/? sama sekali gitu, padahal dari 500GB hardisk gue, 250GB (lebih) isinya EXO (Including music, videos, pictures, files, etc), gila ‘kan? Dan gue yakin banyak yang lebih gila dari gue, karena menurut gue level gue masih antara low-intermediate, belom advance, hahaha, kayak TOEFL aja ya?



Dan perlu di inget, INI PURE OPINI GUE, udah gue capslock sama bold kalo ini pure opini gue, jadi untuk mereka yang ga setuju, atau bahkan merasa tersinggung saya minta maaf dulu deh, orang menyampaikan pendapatnya ‘kan ga ada salahnya, inget, kita hidup di negara yang menganut sistem demokrasi bung! *kenapa jadi NKRI –“

Anyway, alasan gue ngeshare hal ini adalah karena fanwar yang makin panas terjadi belakangan ini #eaa, fanwar-nya bukan antar fandom, tapi antar individu dalam satu fandom –yang-meskipun-belum-punya-nama-resmi- sebut saja exostan. Jujur gue gerah, gerah banget, semenjak berita itu keluar tanda-tanda keretakan di fandom ini emang udah mulai kerasa *cielah bahasa gue* oke, lupakan alay gue yang mode on. Dan setelah gue mempelajari, mencermati dan mencoba memahami/?, gue akhirnya meng-klasifikasikan exostan ke dalam empat tipe.

Those who just believing in EXO11.
Tipe pertama ini bisa dibilang udah nerima kalo akhirnya EXO itu cuma sebelas orang aja, bahkan terkadang tipe pertama ini nganggep Kris itu ga pernah ada, agak ekstrim sih, tapi gue ngerti banget kenapa mereka kayak begini, secara, waktu itu beritanya keluar seminggu sebelum konser pertama mereka, bahkan member juga ga ada yang tau tentang masalah ini, apalagi mereka juga baru ngerilis 2nd mini album “Overdose”, yeah, gue ngerti kalo mereka pasti bakal ngerasa terhianatin dan kecewa banget.

Fans tipe pertama ini nganggep 11 EXO member yang lain itu sebagai korban, secara, mereka itu udah lelah fisik buat nyiapin konser, eh di tambah lelah hati karena masalah ini, dan lelah fisik mereka jadi dua kali lipat karena harus mengubah koreografi mereka dari awal, para member yang bermimpi ngadain konser pertama mereka dengan 12 orang, pada kenyataannya mereka melakukannya hanya bersebelas. #miris, #ohmygodguenangis #tolongsiapapunkasihguetissue.

Gue jadi inget apa yang dibilang Tao kemaren di Happy Camp, “When I walked into the practice room, every member was sweating but smiling and working very hard in every dance move. It was if nothing happened, but I knew everyone was tired, was upset and uncomfortable. And because it can’t be saved, so we can’t let it affect us more…” [Ketika aku berjalan menuju ruang latihan, setiap member sudah berkeringat tapi mereka tersenyum dan bekerja keras pada setiap gerakan dance. Saat itu seperti tidak terjadi apapun, tapi aku tau semua orang sudah lelah, kecewa dan merasa tidak nyaman. Dan karena hal itu tidak bisa lagi di undur, maka kami tidak membiarkan hal itu memberi efek kepada kita lebih banyak].

Jadi intinya, fans tipe pertama ini istilahnya udah move on dan nerima kenyataan EXO cuma bersebelas aja, dan sepertinya member EXO pun sudah begitu, Sehun yang awalnya punya username ig “xlkslb_ccdtks” *ini sumvah alay bikin pusing* , yang merupakan inisial nama dari kedua belas member EXO dari yang paling berumur sampe yang paling bocah secara berurutan/? sekarang ganti username jadi “oohsehun” *Alhamdulillah ga pusing lagi liat uname ni bocah* dan bio-nya yang awalnya “EXO SE HUN” berubah jadi “EXO11”, sejujurnya reaksi gue pas tau hal ini gue langsung mengumandangkan/? kata “Kamvreeeettttt”

Dan bio-nya yang awalnya “EXO SE HUN” berubah jadi “EXO11”, sejujurnya reaksi gue pas tau hal ini gue langsung mengumandangkan/? kata “Kamvreeeettttt” sepanjang malem, hahaha, but, the most important thing is, gue rasa maknae kita ngajarin kita buat move on and face the reality. (padahal belom resmi out –“)

Dan yang bikin gue sedih ama fans tipe ini adalah, mereka kadang terlalu keras nyalahin, ngehina ato istilah halusnya/? bashing Wu Yi Fan, padahal Wu Yi fan pernah jadi bagian dari grup yang mereka idolain sekarang, dia member yang selalu bikin ngakak member lain karena kelakuannya yang kelewat pea –”, ya walaupun saat ini di tulis Wu Yi Fan belom resmi out, kita semua kan juga belom tau apa alasan sebenernya dia ngelakuin ini, jadi yeah untuk mereka emang memilih untuk ‘tidak peduli’ dengan Wu Yi Fan silahkan saja, itu pilihan kalian, tapi gue mohon jangan bashing dia.

Fans Tipe 2 : Those who just stay in Wu Yi Fan’s side.
Yeah, bisa dibilang ini FanQin garis keras, kenapa gue bilang begitu? Karena beberapa dari mereka, *walaupun ga semuanya sih* malah berubah jadi antifans EXO, mereka melupakan fakta bahwa Wu Yi Fan di kenal juga dari EXO, sekarang coba deh bayangin seadainya Wu Yi Fan ga pernah debut bareng sebelas member yang lain, kita pasti ga akan pernah tau ada orang yang gantengnya bisa bikin orang tahan nafas dan nahan boker/? itu ‘kan?

Gue bilang gini bukan berarti gue ga ngehargain fans tipe ini, gue hargain kok, sangat menghargai malah, setiap orang ‘kan punya hak buat milih siapa yang mereka suka, *kaya mau pilihan capres aja*, tapi gue cuma mau bilang, jangan lupakan dari mana dia berasal, kalo kalian milih untuk “Just look at Wu Yi Fan” yah ga usah bashing member lain, jangan salahin mereka, para member itu ga tau apa-apa tentang keputusan Wu Yi Fan yang mendadak ini.

Emang GA SEMUA FanQin seperti itu, tapi kemaren yang paling bikin gue sedih adalah BEBERAPA dari fans tipe ini ngehina Baekhyun karena dia dating dengan Taeyeon, mereka bilang Baekhyun bikin nama EXO buruk lah apa lah, hey, sekarang gue tanya, emang ada yang salah ya dengan pacaran? Mereka udah dewasa dan mereka emang udah di umur dimana mereka ngerasain pahit-manisnya pacaran, bukan gue sok bijak, tapi kalo emang kalian milih “Just look at Wu Yi Fan” Then just look at him, ga usah bashing member yang pernah seperjuangan ama Yi Fan.

Mereka… kesebelas member EXO yang masih stay itu pernah nangis bareng Yi Fan, pernah ketawa bareng Yi Fan, mereka latihan bareng, capek bareng, bahkan mereka juga sandaran Yi Fan kalo Yi Fan lagi ngalamin waktu sulit, Suho aja pernah bilang “Sometime Kris find me and lean on me without other members knowing” [Terkadang, Kris akan mencariku dan bersandar kepadaku tanpa member yang lain tau] di waktu lain Suho juga pernah bilang, “Last year [2013], the first person who gave me surprise and wish me happy birthday was Kris” [Tahun lalu [2013], orang pertama yang memberiku kejutan dan mengucapkan selamat ulang tahun kepadaku adalah Kris]. *My KrisHo feels~ /abaikan/*


Kalo udah kaya gitu apa kalian masih mau bashing member lain? Mereka sayang sama Yi Fan begitu pun sebaliknya, despite fakta kalo saat ini hubungan mereka agak renggang tapi gue yakin kalo mereka itu saling kangen, emang kedengeran sotoy sih, tapi hey, siapa sih yang ga kangen ama Galaxy hyung? Jadi gue cuma mau mohon ama FanQin garis keras yang “Just Look at Wu Yi Fan” and bashing the remaining members just stop what you’re doing, sekali lagi gue mohon, gue kasian ama member lain, seriusan deh, just become mature FanQin, update terus beritanya dan apapun yang dia lakukan, keep support Yi Fan dengan positif , okay? Wu Yi Fan pasti juga ga pengen kalian bashing member lain #sotoy.

Fans Tipe 3 : Those who believe in EXO12.
Jujur ini rada nyesek, bukan rada, tapi emang nyesek banget sih, secara, ini sudah lebih dari sebulan dari masalah yang bisa dibilang ga tau kelanjutannya gimana, tapi mereka, mereka yang percaya kalo EXO bakal selalu 12 orang itu ga pernah lelah buat berdoa setiap malam kalo Kris bakal balik *okesip ini lebay*, tapi intinya mereka ga pernah berhenti berharap kalo Kris bakal balik. *disini gue pake Kris ya, bukan Wu Yi Fan, soalnya for those who believe in EXO12 bakal selamanya manggil dia Kris*

Apalagi pas berita Kris dan SM bakalan melakukan mediasi tanggal 8 Juli keluar, mereka yang hold on biar EXO tetep 12 langsung syukuran *lebay kumat*, tapi intinya mereka seneng, mereka masih melihat adanya harapan kalo Kris bisa stay di EXO.

Fans tipe ini biasanya kerjaannya tiap hari ngunjungin official website EXO buat mastiin nama Kris masih ada disana, menurut mereka, dengan tercantumnya nama Kris di official website berarti kesempatan untuk mempertahankan Kris disisi mereka masih ada. #ehguenangislagi #tolongdongkasihguetissue.

Fans tipe ini biasanya lebih memilih untuk diam ketika ada fanwar antara yang EXO11 vs FanQin garis keras, fans tipe ini biasanya berpegang teguh/? Dengan kalimat “Different people different opinion” [beda orang beda pendapat], dan yang paling bikin gue nyesek, fans tipe ini keliatan strong diluar tapi sebenernya di dalem mereka itu yang paling rapuh dan lelah, mereka lelah dengan masalah yang belum ketemu titik terang ini, banyak mereka yang bilang pengen menyerah tapi mereka ga bisa bohongin hati mereka kalo mereka masih berharap, bahkan sangat berharap Kris akan kembali.

Dan untuk fans tipe ini, gue kasih standing applause for your strong heart guys :’)

Fans Tipe 4: Those who stan for both sides [EXO11 and Wu Yi Fan]
Kalo menurut gue, tipe fans kaya gini itu tipe fans yang paling pengertian dan mungkin yang paling mature, fans tipe ini menghargai keputusan Wu Yi Fan tanpa peduli apa alasan sebenernya dia ngelakuin itu dan keep support him, mereka percaya kalo Wu Yi Fan pasti punya alasan yang kuat, mereka juga tipe fans yang sangat sadar kalau apa yang mereka lihat di layar/apa yang mereka liat dari luar itu ngga semuanya kenyataan.

Dan fans tipe ini biasanya hold on banget ama kesebelas member yang tersisa biar ga ada yang keluar lagi (padahal Yi Fan belom resmi out saat saya menulis ini), yah mungkin mereka punya prinsip ‘cukup sekali merasakan sakit’ #eaaa, mungkin juga mereka belajar dari prinsip ‘untuk apa kita punya satu bias kalau kita bisa punya banyak bias’, jadi mereka terapin jadi, ‘Untuk apa kita ikut salah satu kubu/? Kalo kita bisa stay di dua kubu/?”, hahaha, asumsi gue aneh banget.

Fans tipe ini bisa dijadiin penengah kalo ada fanwar karena memang mereka itu ngerti gimana perasaan/? kedua sisi, fans tipe ini 11-12 lah sama yang believe in EXO12, Cuma bedanya yang EXO12 masih sangat berharap kembalinya Kris, nah kalo yang stan for both sides ini udah terima kalo pada akhirnya Kris emang keluar, mereka berpendapat, ‘meskipun Kris keluar kita ‘kan masih bisa support dia, bukan berarti dengan keluarnya Kris kita ga bakal denger kabar dia lagi ‘kan?’.

Intinya fans tipe ini itu, ‘Hoping for the best and preparing for the worst’. *prok prok prok*

-***-

Dari no 1-4 diatas itu murni pendapat gue, sekali lagi gue minta maaf jika ada yang merasa tersinggung.
 

Intinya fans tipe ini itu, ‘Hoping for the best and preparing for the worst’. *prok prok prok*

-***-

Dari no 1-4 diatas itu murni pendapat gue, sekali lagi gue minta maaf jika ada yang merasa tersinggung, silahkan bashing saya gapapa, tapi jangan bashing member, disini yang paling mempunyai beban fisik maupun psikologis itu ya kedua belas orang yang kelewat cakep itu, mereka itu udah menghabiskan bertahun-tahun bersama, ikatan persahabatan bahkan mungkin persaudaraan mereka itu sudah pasti kuat banget, apalagi setelah di terpa masalah kayak gini, mereka pasti akan semakin hold on and rely each other, right?

Secara, mereka training bareng, lelah bareng, ketawa bareng, nangis bareng, mereka selalu bareng kapanpun dan dimanapun, (mungkin boker juga bareng, soswit sekali~), seandainya nanti mediasi tidak membuahkan hasil dan pada akhirnya Kris akan tetep keluar dan mereka pisah, mereka pasti ga akan ngelupain kenangan diantara mereka… Bahkan padlock yang bertuliskan “EXO Forever Together” yang di tulis Kris masih tergantung indah/? Di Namsan Tower. Mungkin secara fisik/? Mereka emang pisah, tapi siapa tau gimana isi hati mereka? Iya nggak? #tumbenguebijak

Sekali lagi kalo Kris emang bener-bener leave dan memungkinkan kita untuk tidak melihat adanya OT12 lagi di masa depan, seenggaknya kenangan waktu mereka masih berdua belas ‘kan masih ada di hati kita masing-masing, sacara alami kita ga akan ngelupain kenangan yang pernah bikin kita senyum walaupun sekali ko~

EXO12 yang pernah bikin kita senyum, ketawa, bahkan mungkin ngakak ga berhenti-berhenti karena tingkah pea mereka pasti ga akan dengan mudah ilang dari hati dan pikiran kita ‘kan? Biarlah semua itu jadi kenangan indah yang seenggaknya bisa bikin kita narik sudut bibir kita buat senyum.

Gue nulis ini sebenernya tujuan gue cuma satu, jangan ada lagi fanwar antar individu di fandom ini, semua orang punya hak untuk memilih siapa yang mereka suka dan memilih mereka ikut kubu yang mana, inget, kita pernah satu, kita pernah bareng-bareng dukung EXO, sekarang meskipun terpecah jadi beberapa bagian/? Tapi intinya kita masih ngedukung orang yang sama ‘kan? So, kenapa kita ga saling menghargai pendapat serta pilihan orang lain dan melanjutkan hidup kita masing-masing/? dengan jalan yang kita pilih/? Tentunya tanpa adanya bashing each other.

Disini gue bukan sok bijak, tapi disini sekali lagi gue tegasin kalo gue cuma mau ngungkapin pendapat gue, mau menyuarakan opini gue, kalo kalian ga setuju, bahkan merasa tersinggung gue minta maaf banget, kalian bisa bashing gue dan gue akan terima dengan lapangan sepak bola ^^

- END -


cr: EXO Indonesia   

0 komentar:

Posting Komentar